Foto
June 22, 2016
Menjaga Balita Agar Tetap Sehat
June 23, 2016
0

Salah satu tindakan yang harus dilakukan pada bayi yang baru saya lahir adalah dengan menjaga suhu tubuhnya agar tetap hangat. Seperti yang kita ketahui pada saat pertama kali terlahir ke dunia, tubuh bayi masih melakukan penyesuaian dengan kondisi lingkungan barunya. Jika sebelumnya bayi merasakan hangat ketika berada dalam rahim ibunya saat ini bayi tidak bisa terlindungi oleh rahim sehingga membutuhkan penghangatan baru dari orang tuanya. Untuk itulah dalam ulasan kali ini juga saya akan memberikan informasi mengenai 3 cara menjaga bayi agar tetap hangat. Adapun cara menjaga bayi agar tetap hangat tersebut bisa dilakukan dengan :

1. Penggunaan Pakaian

Cara pertama untuk menjaga agar bayi tetap hangat adalah dengan menentukan pakaian yang akan dikenakan olehnya. Pada umumnya setiap bayi yang baru lahir belum diberi pakaian sehingga kebanyakan mereka masih menggunakan kain yang kemudian dibungkuskan ke seluruh tubuhnya kecuali bagian kepala. Untuk membuatnya hangat tentu saja orang tua harus memberikan kain yang tebal sehingga bayi benar-benar merasa hangat. Selain itu pastikan orang tua juga selalu memperhatikan jika kain tersebut basah karena bayi buang air kecil atau buang air besar untuk segera menggantinya dengan kain yang kering.

2. Penggunaan Metode Kanguru

Tentunya anda semua sudah pernah mengetahui kisah mengenai binatang kanguru yang selalu mengantongi anaknya dalam kantong yang menempel di tubuhnya. Ternyata metode seperti itu juga baik dilakukan oleh para ibu yang memiliki bayi yang terlahir dengan berat badan di bawah angka normal yaitu 2,5 kg. Cara seperti ini sangat dianjurkan untuk menghangatkan bayi dengan cara mendekapnya sampai kulit bayi menempel di kulit ibu.

3. Pemilihan Tempat Tidur Bayi

Cara penting berikutnya yang harus dilakukan oleh ibu kepada bayinya adalah ketika memilihkan tempat tidur untuk bayinya. Jangan sampai ibu memilih tempat tidur di area yang terasa dingin atau yang dekat dengan lubang angin karena akan membuat bayi merasa kedinginan. Pilihlah tempat yang bisa membuat bayi merasa selalu merasa hangat sehingga ia pun akan selalu tidur dengan nyenyak.

Your email address will not be published. Required fields are marked *