Pemenang Kuis Teh Bakti (11)
Jombang dan Dharma Wanita dari 9 Kementerian

Anakku Tidak Bisa Ikuti Pelajaran

Selasa, 01 september 2015

Selamat pagi sobat eMKa Land yang berbahagia, semangat Selasa menggoda pastinya. Teras “Melly Kiong” selalu menghadirkan teh ilmu yang membantu kita terus belajar, belajar, dan belajar.


Ada dua orang ibu dengan problem yang sama bertanya pada saya, dan saya yakin sangat banyak yang ada di luar sana. Mengapa anak saya sangat lambat dalam menulis dan membaca? Sehingga tidak bisa mengikuti pelajaran dengan baik? 

 

Saya sebagai ibu sangat bisa merasakan kegusaran itu dan tentunya tidak mudah mengatasinya. Jika boleh saya sarankan, coba ajak anak bicara apa yang menjadi kendalanya. “Nak, mama bisa merasakan kalau kamu tidak bisa cepat dalam menulis, dan itu pasti tidak menyenangkan. Kita cari solusinya bersama-sama yuk, apa yang mengganggumu nak? Apa yang kamu rasakan? Biarkan anak bicara, dengarkan dan tidak usah dihakimi. Jika sudah tahu, katakan bahwa itu bukan salahnya, mari kita cari jalan keluarnya, menurut anak kita dia maunya seperti apa? Berikan dia ketenangan dan yang utama adalah tidak menakut-nakuti anak kita, apalagi dengan membanding-bandingkannya. 


Coba dengan cara ini, dan usahakan periksa matanya juga, kadang masalah kesehatan mata juga kendala.


Intinya setiap anak unik, dan berikan ruang kepada mereka tumbuh sesuai dengan kemampuannya.


Coba ya ibu ibu, saya yakin kalian adalah orangtua yang sangat luar biasa.


Smile Melly Kiong  

Www.menatakeluarga.com  

Www.emkaland.blogspot.com

“Setiap anak itu unik dan jangan membandingkan satu sama lain karena tidak akan ada yang sama.”